PROPOSAL
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
(
PTK )
UPAYA
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI
TEHNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH
BAGI
SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SAMUDRA KULON
I. JUDUL
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI TEHNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH
BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SAMUDRA
KULON
II. BIDANG KAJIAN
Pembelajaran Matematika dan Pemberian Pekerjaan Rumah.
III. PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Pendidikan adalah investasi jangka
panjang yang memperlukan usaha dan dana yang cukup besar, hal ini diakui oleh
semua orang atau suatu bangsa demi kelangsungan masa depannya. Demikian halnya
dengan Indonesia menaruh harapan besar terhadap pendidik dalam
perkembangan masa depan bangsa ini, karena dari sanalah tunas muda harapan
bangsa sebagai generasi penerus dibentuk.
Meski diakui bahwa pendidikan adalah
investasi besar jangka panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan
sarana maupun prasarananya dalam arti modal material yang cukup besar, tetapi
sampai saat ini Indonesia masih berkutat pada problemmatika (
permasalahan ) klasik dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Problematika ini
setelah dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata
rantai yang melingkar dan tidak tahu darimana mesti harus diawali.
Terkait dengan mutu pendidikan
khususnya pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar ( SD ) dan Madrasah Ibtidaiyah
( MI ) sampai saat ini masih jauh dan apa yang kita harapkan. Betapa kita masih
ingat dengan hangat akan standarisasi Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) dengan nilai
masing – masing mata pelajaran 4,51 dikeluhkan oleh semua para pendidik bahkan
oleh orang – orang tua siswa sendiri, karena anak atau siswanya tidak dapat
lulus. Hal lucu yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Melihat kondisi rendahnya
prestasi atau hasil belajar siswa tersebut beberapa upaya dilakukan salah
satunya adalah pemberian tugas berupa kepada siswa. Dengan pemberian pekerjaan
rumah kepada siswa diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya,
sehingga terjadi pengulangan dan penguatan terhadap meteri yang diberikan di
sekolah dengan harapan siswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasi
siswa.
IV. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
- Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
permasalahan sebagaimana tersebut didepan, maka rumusan permasalahan yang
diajukan dalam proposal ini adalah :
Apakah melalui tehnik pemberian
tugas pekerjaan rumah dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika bagi siswa
kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Samudra Kulon ?
- Pemecahan Masalah
Siswa yang mendapatkan perhatian dan
perlakuan khusus tentunya akan menghasilkan atau menguasai yang berbeda pula
dalam sebuah kelas atau kelompok bahkan perlakuan individual sekaligus dengan
diberikanya perlakuan dan perhatian yang lebih baik dalam belajar di sekolah
maupun di rumah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan kertramilan atau
konsep terhadap mata pelajaran – mata pelajaran yang dipelajarinya. Dengan
pemberian PR secara rutin dan terorganisir dengan baik paling tidak akan mampu
mengkondisikan dalam bentuk motifasi ekstinsik bagi siswa itu sendiri.
Moh. Uzer ( 1996:29) menjelaskan
“Motivasi ekstrinsik timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah
karena adanya ajakan, atau paksaan orang lain sehingga dengan kondisi yang
demikian akhirnya ia mau melakukan sesuatu atau belajar, misalnya seseorang mau
belajar karena ia disuruh orang tua untuk mendapatkan peringkat pertama.”
Demikian halnya dengan guru
memberikan PR dengan harapan baik itu dirasa memaksa bagi siswa atau itu karena
disuruh sebagai tugas dengan perasaan terpaksa, yang jelas mengkondisikan siswa
harus belajar. Dengan pola demikian tentunya anak yang lebih banyak belajar
dirumah akan lebih baik misalnya dalam mata pelajaran yang dikerjakan..
a. Hipotensis
Hipotensisi yang diajukan dalam proposal penelitian ini
adalah :
“ Melalui tehnik pemberian tugas pekerjaan rumah dapat
meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas VI SDN 1 Samudra Kulon”
V. TUJUAN PENELITIAN
1. Tujuan Umum
Tujuan peneliti yang diharapkan dari penelitian ini menjadi
masukan bagi guru dan siswa untuk meningkatkan belajar di rumah.
2. Tujuan Khusus
Adapaun tujuan khusus dari penelitian ini :
“Untuk mengetahui apakah melalui pemberian pekerjaan rumah
dapat meningkatkan prestasi belajar matematika bagi siswa kelas VI SDN 1
Samudra Kulon.”
VI. MANFAAT HASIL PENELITIAN
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
a. SDN
1 Samudra Kulon
Dengan hasil penelitian ini diharapkan SD Negeri 1 Samudra
Kulon dapat lebih meningkatkan pemberdayaan pemberian pekerjaan rumah agar
prestasi belajar siswa lebih baik dan perlu dicoba untuk diterapkan pada
pelajaran lain.
b. Guru
Sebagai bahan masukan guru dalam meningkatkan mutu
pendidikan di kelasnya.
c. Siswa
Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk memanfaatkan
pekerjaan rumah dalam rangka meningkatkan prestasi belajarnya.
VII. KAJIAN PUSTAKA
- Landasan Teori
1. Matematika
Istilah Matematika berasal dari
bahasa Yunani “Mathematikos” secara ilmu pasti, atau “Mathesis” yang berarti
ajaran, pengetahuan abstrak dan deduktif, dimana kesimpulan tidak ditarik
berdasarkan pengalaman keindraan, tetapi atas kesimpulan yang ditarik dari
kaidah – kaidah tertentu melalui deduksi (Ensiklopedia Indonesia).
Dalam Garis Besar Program
Pembelajaran ( GBPP )terdapat istilah Matematika Sekolah yang dimaksudnya untuk
memberi penekanan bahwa materi atau pokok bahasan yang terdapat dalam GBPP
merupakan materi atau pokok bahasan yang diajarkan pada jenjang Pendidikan
Dasar dan Menengah (Direkdikdas : 1994 )
- Belajar
Skinner berpandangan bahwa belajar
adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar maka responya menjadi lebih baik
dan sebaliknya bila tidak belajar responya menjadi menurun sedangkan menurut
Gagne belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi
limgkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi kapasitas baru ( Dimyati,
2002-10). Sedangkan menurut kamus umum bahasa Indonesia belajar diartikan
berusaha ( berlatih dsb )supaya mendapat suatu kepandaian ( Purwadarminta : 109
)
Belajar dalam penelitian ini
diartikan segala usaha yang diberikan olh guru agar mendapat dan mampu
menguasai apa yang telah diterimanya dalam hal ini adalah pelajaran Matematika.
- Prestasi Belajar.
Prestasi belajar berasal dari kata “
prestasi “ dan “belajar’ prestasi berarti hasil yang telah dicapai (Depdikbud,
1995 : 787 ). Sedangkan pengertian belajar adalah berusaha memperoleh
kepandaian atau lmu (Depdikbud, 1995 : 14 ). Jadi prestasi belajar adalah
penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran,
lazimnya ditunjukan dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Prestasi
dalam penilitian yang dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh oleh siswa pada
mata pelajaran matematika dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh
guru kelasnya setelah melaksanakan tugas yang diberikan padanya
- Teknik
Dalam umum bahasa
Indonesia teknik diartikakan cara (kepandaian, dsb) membuat sesuatu atau
melakukan sesuatu yang berkenaan dengan kesenian (purwadarminta,: 1035).
Sedangkan teknik yang dimaksud disini adalah cara tertentu yang dilakukan oleh
guru yang akan dikenakan kepada siswanya dalam rangka mendapatkan informasi atau
laporan yang diinginkan.
- Pekerjaan rumah
Pekerjaan rumah atau yang
lazim disebut PR dalam bahasa Inggris “Homework “ yang artinya mengerjakan
pekerjaan rumah. Dalam penilitian ini yang dimaksudkan dengan PR adalah sebuah
tugas atau pekerjaan tertentu baik tertulis atau lisan yang harus dikerjakan
diluar jam sekolah (terutama dirumah)
berkaitan dengan pelajaran yang telah disampaikan guru untuk meningkatkan
penguasaan konsep atau ketrampilan dan sekaligus memberikan pengembangan.
VIII. RENCANA DAN PROSEDUR
PENELITIAN
- Rencana Penelitian
1. Subjek penelitian
Subyek dalam peniltian ini adalah
siswa kelas VI SD Negeri 1 Samudra Kulon kecamatan Gumelar,
Kabupaten Banyumas jumlah siswa 38 orang.
Pertimbangan penulis mengambil
subyek penilitiann tersebut dimana siswa kelas VI telah mampu dan memiliki
kemandirian dalam mengerjakan tugas seperti PR, karena siswa kelas VI telah
mampu membaca dan menulis serta berhitung yang cukup. Selain itu
penulis pengajar di kelas VI.
2. Tempat Penelitian
Dalam penilitian ini penulis
mengambil lokasi di SD Negeri 1 Samudra Kulon, kecamatan Gumelar Kabupaten
Banyumas penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan bekerja
pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu
yang luas dan subyek penlitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis.
3. Waktu Penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan
menggunakan waktu penelitian selama 3 bulan Agustus s.d Oktober. Waktu dari
perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada semester I
Tahun pelajaran 2007/2008.
4. Lama Tidakan
Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan Okteber, mulai
dari siklus I, Siklus II dan Siklus III.
- Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara
lain :
1. Perencanaan
Meliputi penyampaian materi pelajaran, latian soal,
pembahasan latian soal, tugas pekerjaan rumah ( kegiatan penelitian utama )
pembahasan PR, ulangan harian.
2. Tindakan (
Action )/ Kegiatan, mencakup
a. Siklus I, meliputi :
Pendahuluan, kegiatan pokok dan penutup.
b. Siklus II ( sama dengan I )
c. Siklus III ( sama dengan I
dan II )
3. Refleksi,
dimana perlu adanya pembahasan antara siklus – siklus tersebut untuk dapat
menentukan kesimpulan atau hasil dari penelitian.
IX. JADWAL PENELITIAN
……………………….
X. BIAYA PENELITIAN
Akibat yang timbul dari penelitian ini menjadi tanggung
jawab peneliti, adapun biaya tersebut adalah :
1. Fotocopy
Naskah :
Rp 20.000,00
2. Kerta folio 1
pack :
Rp 30.000,00
3. jilid
buku :
Rp 10.000,00
4. Rental
Komputer :
Rp 50.000,00
5. lain –
lain :
Rp 20.000,00
JUMLAH :
Rp 130.000,00
XI. PERSONALIA PENELITI
Penelitian ini melibatkan Tim peneliti, identitas dari Tim
tersebut adalah :
1.
Nama :
NIM :
Pekerjaan :
Tugas dalam penelitian :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar